Proses Penulisan Biografi

Proses penulisan biografi dimulai dengan komunikasi antara penulis biografi dan klien sebagai tokoh biografis, untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan hasil akhir yang diharapkan klien. Setelah klien memutuskan jenis biografi yang diinginkan, penulis biografi dan tim memulai kegiatan pengumpulan data biografis klien, seperti daftar riwayat hidup (curriculum vitae), buku catatan, kliping media, album foto, video, dll. Semua data yang diperoleh, dipelajari secara seksama, diteliti, dipilah, dan diolah oleh penulis biografi dan tim, sebagai bahan menyusun kerangka biografi (outline), materi wawancara biografi dan materi penulisan draf naskah biografi. Penting ditekankan bahwa kegiatan kreatif penulisan biografi membutuhkan kesediaan waktu untuk wawancara biografis antara penulis biografi dan klien. Beruntungnya, layanan online kami memungkinkan wawancara dilakukan jarak jauh di mana pun klien berada. Rekaman suara dari hasil wawancara kami perlukan untuk menangkap sisi emosi Anda, agar pikiran, ucapan, dan tindakan Anda tercermin dalam kisah hidup Anda.

Inilah tahapan proses penulisan biografi selengkapnya:

1

Sampaikan tujuan, keinginan, dan hasil akhir yang Anda harapkan kepada penulis biografi. Lalu pilih jenis biografi yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, tandatangani kontrak kerjasama dan lakukan pembayaran termin pertama biaya penulisan biografi.

2

Kirimkan semua data yang diperlukan untuk biografi Anda. Penulis biografi dan tim akan mempelajari, meneliti, memilah, dan mengolah data dari Anda sebagai bahan penyusunan kerangka biografi, materi wawancara biografis, dan materi penulisan draf naskah biografi Anda.

3

Sepakati bersama jadwal wawancara biografis antara Anda dan penulis biografi. Saat tiba waktunya wawancara, fokuskan hati dan pikiran Anda untuk menjawab pertanyaan dan menyampaikan kisah hidup Anda. Penulis biografi akan memandu tahap demi tahap wawancara biografis, agar efektif dan mendapatkan cerita yang menarik, penting, dan bermanfat bagi klien, keluarga, dan publik sebagai pembaca.

4

Berdasarkan data dan wawancara, penulis biografi mulai menulis dan menyunting draf naskah biografi tahap demi tahap. Dalam proses penulisan biografi, terkadang penulis menghubungi Anda diluar jadwal yang disepakati karena kebutuhan informasi yang muncul saat itu. Mohon dipahami dan harap dibantu karena ia sedang berusaha mewujudkan buku kisah hidup Anda yang terbaik.

5

Tinjau draf naskah biografi Anda yang ditulis oleh penulis biografi. Tandai apa yang menurut Anda perlu dikoreksi, dilengkapi, dan ditingkatkan. Penulis biografi akan dengan senang hati menyempurnakan draf naskah buku kisah hidup Anda. Sesi ini sangat penting, mengingat Anda lah satu-satunya orang yang paling memahami diri Anda dan kisah hidup Anda sendiri.

6

Setelah melalui tahapan koreksi dan editing, Anda kemudian menerima draf naskah biografi Anda versi final.  Anda bisa menerbitkan sendiri atau meminta bantuan penulis biografi untuk memfasilitasi kerjasama penerbitan biografi Anda dengan penerbit buku nasional terbaik. Anda juga dapat menerbitkan dalam versi digital (e-book) dan web biografi (online).

Jangan ragu untuk menghubungi penulis biografi kami yang profesional dan berpengalaman, demi mewujudkan buku kisah hidup Anda yang menakjubkan!