THE FISHPRENEUR STORY – Kisah Nyata Bocah Miskin Pedagang Roti Goreng Jadi Miliarder Bisnis Perikanan

THE FISHPRENEUR STORY
Kisah Nyata Bocah Miskin Pedagang Roti Goreng Jadi Miliarder Bisnis Perikanan

Penulis: Zulfikar Fuad

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit perdana: 22 Desember 2020

 

Sinopsis
————-

Apa kau tahu rasanya tertimpa kesusahan hidup yang bertubi-tubi? Aku mengalaminya. Emak meninggal saat aku berusia enam tahun. Abahku menikah lagi. Aku hanya bisa menyelesaikan pendidikan sekolah dasar.

Hidupku terasa kacau. Rumit. Berantakan. Aku tak punya pilihan selain merantau ke Surabaya, sambil membawa asa, bahwa hidupku akan berubah. Tapi perjalanan hidup tak semudah itu. Di Surabaya, aku terdampar di kehidupan pasar. Menjadi kuli panggul, bekerja serabutan. Tidur di emperan, berteman nyamuk, tikus, dan kebisingan malam khas kota besar. Melakukan apa pun, agar bisa bertahan hidup, di usia remaja.

Kehidupanku begitu keras, tetapi apakah aku menyerah? Tidak. Aku memang miskin. Pendidikanku memang rendah. Akan tetapi, tekadku dan impianku besar. Aku bekerja keras. Aku tahu ke mana impianku menuju. Aku mengerti apa yang ingin kucapai di masa depan. Semua halangan kuterjang. Semua rintangan kusingkirkan.

Jika aku, Sunarto, bocah miskin pedagang roti goreng dan hanya lulusan SD, bisa membuktikan mampu mewujudkan impian menjadi pengusaha perikanan, memiliki lebih dari 40 kapal, pabrik penyimpanan (cold storage) dan pengolahan ikan, gudang, kantor, dan puluhan aset properti, maka siapa pun juga pasti bisa menjemput dan membentuk mimpi-mimpinya menjadi nyata.

Inilah kisahku. Kisah anak desa yang berjuang keluar dari kubangan lumpur kemiskinan dan kenestapaan. Inilah aku, pejuang kehidupan yang bersikeras menerobos kemustahilan. Simak kisahku, dan engkau ‘kan merasakan energi besar, bahwa siapa pun kita dan bagaimana pun keadaan kita hari ini, kehidupan kita bisa berubah menjadi jauh lebih indah dan menakjubkan, asalkan kita menghidupkan gairah dan mengambil langkah nyata untuk
mewujudkan impian.