BIOGRAPHY, a LASTING LEGACY – Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. Menulis Biografi yang Memikat dan Menyejarah sebagai Warisan Abadi

BIOGRAPHY, a LASTING LEGACY
Rahasia Maestro Biografi Ramadhan K.H. Menulis Biografi yang Memikat dan Menyejarah sebagai Warisan Abadi

Penulis: Zulfikar Fuad

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Terbit perdana: 22 Desember 2020

 

Sinopsis
———-
Tuhan menciptakan dunia dan seisinya lengkap dengan cerita, dalam kitab suci dan kisah para nabi. Tanpa cerita, manusia hanyalah seonggok tanah, jin cuma api dan tumbuh-tumbuhan sekadar benda mati. Semua orang tahu pasti, fisik manusia akan menua, pada saatnya jantung akan berhenti berdetak, dan badan kita akan ditanam ke dalam tanah menjadi makanan cacing. Kita semua akan mati, tetapi cerita tentang kita tidak akan pernah mati, jika, dan hanya jika kita menuliskan cerita kita dan meninggalkannya untuk yang masih hidup.

Menulis biografi adalah ikhtiar meninggalkan jejak di bumi; warisan kisah hidup untuk inspirasi anak cucu dan generasi muda bangsa. Tiada warisan paling berharga selain kisah hidup. Harta, tahta, waktu dan kesempatan hidup di dunia pada saatnya akan berkurang, habis dan berakhir. Setiap orang pada akhirnya akan meninggalkan dunia dan isinya. Hanya amal ibadah kita – tertuang dalam buku kisah hidup kita -yang dikenang dan abadi selamanya.

Siapa pun Anda, setiap orang punya cerita kehidupan, dan buku kisah hidup Anda adalah mata air sumber inspirasi yang sarat hikmah bagi orang lain. Tuliskan kisah hidup Anda, ceritakan kemenangan dan kekalahan Anda, kebahagiaan dan kedukaan Anda, dan ceritakan kapan Anda benar-benar merasa hidup dan kapan merasa telah “mati” sebelum kematian yang sebenarnya menjemput Anda.

“Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah alat yang paling penting yang pernah saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar dalam hidup. Karena hampir segala sesuatu – semua harapan eksternal, kebanggaan, takut akan malu atau gagal – semua itu akan sirna saat menghadapi kematian, meninggalkan hanya apa yang benar-benar penting. Mengingat bahwa Anda akan mati adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari perangkap cara berpikir akan kehilangan sesuatu. Kamu sudah telanjang. Tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hatimu,” ~ Steve Jobs, CEO Apple ~